Posted by : Unknown Thursday 10 May 2012


Melengkapi organisasi anda dengan keputusan yg efektif

Hidup selalu penuh dengan pilihan.

choiceApakah malam ini saya akan merebus Mie ABC Selera Pedas ataukah saya keluar mencari Sate Kambing di lapak Sihono Putro yang terletak di area Arcamanik untuk makan malam saya?
Haruskah saya mulai mengambil sertifikasi profesional di bidang IT atau saya cukup mengandalkan gelar akademis yang saya dapatkan dari tempat kuliah saya? 
Haruskah saya menyediakan waktu menuliskan ide dan pengetahuan yang saya miliki dalam blog saya ataukah saya cukup memendamnya sendiri saja?
Pilihan yang kita buat dapat memiliki konsekuensi yang mengubah hidup. Bahkan tampaknya sepele, keputusan dapat memiliki konsekuensi yang besar di jalan hidup kitaThumbs up
Ini seperti orang tua Anda selalu mengatakan Anda: Kunci keberhasilan dalam hidup adalah membuat pilihan yang baikRed heart

Pengambilan keputusan yang efektif

Pengambilan keputusan adalah sebuah hal yang penting didalam dunia kerja yang kita jalani, setiap hari banyak sekali keputusan harus dibuat untuk menentukan arah dan efisiensi di tempat kita bekerja, misal:
  • keputusan yang dibuat ketika harus menentukan kapasitas produksi, target pemasaran, dan sumber daya manusia
  • keputusan yang dibuat ketika harus menentukan harga pokok produksi, harga pokok jual, dan margin yang akan diperoleh
sama seperti keputusan yang kita ambil untuk kehidupan kita sendiri, kunci sukses sebuah organisasi adalah dengan membuat pilihan yang baik, pilihan yang tepat. Sebuah organisasi harus memiliki pengambil keputusan yang menghasilkan sebuah keputusan yang efektif.Light bulb

Siapakah si pembuat keputusan?

napoleon_bonaparte__11Di dalam organisasi, siapa yang harus membuat pilihan yang baik? pada tahapan awal mungkin tampaknya pucuk pimpinan – seperti Chief Executif Officer (CEO) – perlu menjadi  si pembuat keputusan yang efektif. Apabila orang tersebut membuat keputusan strategis yang tepat, maka organisasi akan berhasil Smile.
well.. kenyataanya tidak mudah, sudah banyak contoh yang tidak terhitung jumlahnya dimana rencana strategis yang terlihat benar-benar brilliant menjadi kacau karena orang yang ditugasi untuk implementasi rencana tersebut telah salah ambil keputusan.. ya.. keputusannya ternyata adalah keputusan buruk Sleepy smile.
contohnya: Sebagai kaisar dan pemimpin dari La Grande Armée,  Napoleon Bonaparte telah membuat rencana strategis untuk kampanye-nya di Belgia. Namun karena  beberapa keputusan buruk yang diambil oleh Marshal-nya, Napoleon menderita kekalahan besar di tempat kecil bernama waterloo.Wilted rose
Mengingat contoh diatas, adalah Penting bagi setiap level management untuk efektif, se-efektif si pembuat keputusan. terlepas apakah dia adalah Chief Financial Officer, Chief Information Officer, Vice President, ataukah kepala departemen, mereka harus membuat pilihan yang baik pada saat membuat kebijakan dan menetapkan skala prioritas untuk melaksanakan rencana strategis.Apabila seluruh manajemen bisa efektif pada saat mengambil keputusan, dijamin organisasi dimana mereka berada akan sukses masuk kedalam ranah bisnis apapun.Hot smile
Seringkali, Rencana efektif dan kebijakan yang dibuat pada level atas dari organisasi dapat saja gugur ditengah jalan karena keputusan buruk yang dibuat oleh level bawah ketika rencana tersebut di eksekusi, begitu juga sebaliknya sebuah eksekusi rencana yang ibaratnya hanya tinggal membalikkan telapak tangan bisa saja gagal karena kalah oleh keputusan buruk yang diambil oleh level atas, well.. seringkali ini lebih disebabkan politik kantor, saya akan bicarakan politik kantor ini pada blog terpisah.
kunci keberhasilan sebuah organisasi adalah harus memiliki para pembuat keputusan yang efektif di seluruh organisasi, di seluruh level management.. pada level bawah management biasanya mereka memiliki semangat dan keinginan untuk menjalankan aktivitas apabila mereka yakin bahwa upaya mereka tidak akan dibatalkan oleh seseorang yg memiliki level lebih tinggi.

Seperti apa Keputusan yg Efektif?

Sebuah organisasi yang memiliki produk atau layanan yang laku, asalkan:
  • di tempat yang tepat
  • ada di saat yang tepat,
  • diproduksi dengan biaya yang tepat
  • didukung oleh layanan purna jual
pasti akan berhasil. Hal ini  tentu saja sudah Pasti Open-mouthed smile, setiap rencana bisnis (business plan) yang dijalankanpasti akan mengaku melaksanakan hal ini Secret telling smile.
Nah apa yang tidak begitu pasti adalah bagaimana sebuah organisasi berjalan dengan memastikan bagaimana mereka:
  • menyediakan apa yg diinginkan
  • menyedakan apa yang tepat
  • menyediakan apa yang benar
  • menyediakan apa yg dibutuhkan
bagaimana menyikapi hal ini? jawabannya seperti yg telah kita pelajari diatas tadi: Memiliki orang-orang yang membuat keputusan efektif di semua level organisasi, kemudian apa sih sebenarnya keputusan yang efektif itu?
Sebuah keputusan yang efektif membawa organsisasi maju ke tujuannya secara tepat waktu.
definisi ini sangat luas, bahkan ini membentuk sebuah slogan yang baik, hanya saja terlalu luas untuk digunakan dalam operasional sehari hari, dengan menggunakan definisi di atas kita dapat merumuskan tiga kunci penting dalam membuat keputusan yang efektif:
  1. harus memiliki sebuah tujuan yang pasti
  2. harus ada cara untuk mengukur apakah langkah yang diambil membawa pergerakan ke arah yg dekat atau malah menjauh.
  3. informasi yang diperoleh berdasarkan cara pengukuran tersebut harus diberikan kepada para pengambil keputusan pada saat yang tepat.
ketiga hal tersebut berfungsi baik sebagai dasar untuk pembuatan keputusan awal dan sebagai feedback dari hasil keputusan tersebut. mendefinisikan pengambilan keputusan yang efektif adalah bagian yang mudah Smile, tapi mengubah definisi ini menjadi sebuah praktek bisnis yang nyata, memerlukan kerja keras Winking smile

SUMBER :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hendy_Blogger - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -